Translate Here

Kesalahan Blogger Newbie 1#: Kurang FOKUS

Masih ingat betul beberapa tahun silam , Waktu saya gres mulai berguru mencari uang lewat internet. Banyak sekali jalan yang mampu saja saya ambil waktu itu..

Tapi , saya hanya memilih untuk menjadi blogger dan mencari penghasilan dari iklan di blog. Alasannya tentu saja alasannya ialah menjadi blogger tanpa modal kecuali bayar warnet (waktu itu)

Maklum , , kantong kering gaes. Kaprikornus bikin blog yang gratisan saja dulu.. :D

Nah , setelah saya memutuskan menjadi blogger , ternyata di tengah-tengah jalan saya membaca banyak sekali potensi lain yang mungkin mampu menghasilkan uang selain dari iklan.



Saya mulai mempelajari banyak hal ihwal itu. Mulai dari yang namanya affiliasi , freelancer , Belajar HTML untuk keperluan template blog , bahkan hingga berguru membuat aplikasi Android segala.

Saya berfikir mumpung masih muda. jadi saya harus banyak berguru , biar semua saya kuasai. Kalau banyak yang saya mampu , maka semakin banyak jalan untuk menghasilkan rupiah dari internet. Setidaknya begitu aliran saya.

Saya mulai banyak membaca-baca ihwal affiliasi. Dan setelah itu memutuskan untuk mencobanya.. Namun apa yang terjadi? hingga detik ini pun saya belum pernah menerima uang dari aktivitas affiliasi.. Mungkin mampu jadi alasannya ialah kurang fokus kesitu..

Saya juga mencari tau banyak-banyak ihwal freelancer. Ah , saya rasa ini enak , kerja lepas , tanpa harus terikat kerja dengan perusahaan mana pun. Dan , saya pun mencoba di dunia freelancer. Sempat mendaftar di sribulancer , setelah itu lagi-lagi saya harus gigit jari. Saya cuma buat akun , setelah itu tidak pernah memperlihatkan jasa satu kali pun.. Kaprikornus , soal penghasilan jangan ditanya lagi ya.. hehe..

Saya juga sempat berguru HTML. Saya pikir enak jika mampu HTML. Paling tidak mampu otak-atik template blog sendiri , dan lebih rupawan lagi jika mampu bikin template untuk dijual. Sempat mencari banyak isu di internet ihwal HTML. Dan saya pun pernah berencana ingin membeli buku ihwal koding itu. tapi , setelah itu alasannya ialah kurang fokus saya pun tinggalkan impian untuk jadi master HTML.

Yang terakhir , saya tertarik mendalami dunia pembuatan aplikasi android . Itu setelah saya baca-baca di forum ihwal banyaknya penghasilan developer aplikasi Android dari google admob. Yah , mungkin alasannya ialah mata duitan , saya eksklusif tertarik. Saya unduh aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi android , dan tentunya mencoba aneka macam tutorial yang ada di internet untuk memulai proyek ini.

Hasilnya bagaimana? Hem , gagal.. lagi-lagi gagal.. tidak satu pun aplikasi android berhasil saya buat.. Mengapa? Ya alasannya ialah kurang fokus juga...

Nah , sudah banyak jalan menghasilkan uang dari internet yang saya coba. Tapi , hampir kebanyakan tidak menghasilkan apa-apa kecuali rasa kecewa. Saya akui , itu ialah akhir kurang fokus.

Namanya juga blogger newbie alias pemula. Kaprikornus maunya semua harus dikunyah tanpa peduli bahwa menguasai semua hal ialah hal yang sangat sulit dilakukan. 

Ini bukan cuma sulit dalam membagi waktu , tapi juga sulit untuk menjadi seorang hebat di banyak bidang..
Hampir-hampir tidak ada orang yang menjadi seorang hebat di banyak bidang , kecuali mereka hanya memiliki sedikit-sedikit ilmu dari bidang-bidang tertentu.
Misalnya begini: Seandainya saya giat mempelajari HTML. , Saya juga rajin mempelajari affiliasi , freelancer , dan membuat aplikasi Android. Ya , mungkin saya mampu mengerti semuanya dan saya mampu hingga menghasilkan uang dari semua jalan tersebut.

Tapi , tetap saja saya tidak mampu menjadi seorang hebat freelancer , Affiliasi , HTML dan programmer aplikasi Android yang handal. Mengapa? Karena tidak semua ilmu dapat saya serap dengan baik lantaran tidak fokus tadi.

Nah , sesungguhnya tidak dilema mempelajari semuanya. Hanya saja , kita perlu menentukan mana yang menjadi fokus utama kita. Misalnya kita ingin menjadi blogger sukses , ya tentunya porsi menulis dan mengurus blog harus lebih kita utamakan dibanding yang lain. Kalau ingin menjadi developer aplikasi android , ya kita harus lebih banyak mengurus itu dari pada mengurus yang lain.

Jangan hingga (misalnya) ingin menjadi blogger , tapi kita disibukkan dengan urusan-urusan lainnya sampai-sampai gagal fokus dan menjadi berantakan semuanya.

Affiliasi tidak mampu , HTML cuma mampu sedikit , membuat aplikasi android cuma mampu dasarnya , dan tentunya , menjadi blogger pun terbengkalai akhir waktu yang banyak terbuang sebelumnya.

Sobat , nyatanya setelah saya fokus mengurus blog untuk mencari penghasilan dari iklan adsense , Alhamdulillah saya pun berhasil mendapatkan penghasilan bulanan dari adsense tersebut.

Itu mengambarkan fokus ialah hal yang harus dimiliki oleh blogger biar mampu sukses..

Yuk , sobatku tercinta , , jika mau cari sampingan selain menjadi blogger , silahkan.. Tapi harus ingat ya , jangan melupakan blognya. Selesai buat posting , gres boleh untuk mengurus yang lain lagi. Begitu terus setiap hari... Insya Yang Mahakuasa berhasil... ;)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter