Translate Here

Cara Ubah/Convert Word ke PDF dan Sebaliknya di PC/Smartphone

pdf reader

Mengubah format dokumen Word (.doc/.docx) menjadi format ebook .PDF sangatlah berguna. Begitu pula mengubah PDF ke Word , juga kadang sangatlah penting.

Format dokumen Word (.doc/.docx) yaitu tipe file untuk dokumen yang biasa kita ketik menggunakan Microsoft Word. Ketika mengerjakan peran , makalah , atau skripsi , format .doc atau .docx-lah yang kita gunakan.

Masalah muncul saat hendak mencetak atau print peran , makalah , atau skripsi yang kita ketik.

Untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan , mirip font berubah , spasi hilang , gambar hilang , chart/diagram berubah , maka solusi yang sempurna yaitu dengan mengubah format Word menjadi PDF.

Kenapa harus PDF?

Karena font , shape , chart , dan elemen-elemen dalam dokumen Word yang kita ketik akan ikut terbawa dan tersimpan dalam satu file saja , yakni PDF itu sendiri.

Dengan kata lain , dokumen berformat PDF tak akan menghilangkan tampilan ketikan yang telah kita ubah atau modifikasi. Kita menggunakan font Segoe UI , maka yang di-print yaitu font Segoe UI , dan bukan font yang lain.

Dokumen PDF membuat isi dokumen utuh seutuh-utuhnya.

Nah , untuk itu , teman perlu tahu cara menyimpan dokumen Word ke PDF , atau mengubah/convert formatnya secara pribadi ke PDF.

Tapi , bagaimana caranya?

#1 Menyimpan Dokumen Word yang Diketik menjadi PDF

Microsoft Word menyajikan ekstensi file .PDF sebagai ekstensi dari dokumen yang teman buat. Kaprikornus , teman tak perlu software/situs embel-embel lain hanya untuk meng-convert.

Sobat tinggal menyimpan dokumen yang sudah susah payah diketik , ke dalam dokumen dalam format PDF.

Pada dokumen Word yang telah selesai diketik , klik tab “File”.

tab file microsoft word

Pilih Save as. Masukkan nama file PDF-nya. Kemudian pilih type file PDF (*.pdf). Terakhir , klik Save untuk menyimpan makalah , peran , atau skripsi , sebagai dokumen PDF.

save as pdf menyimpan sebagai pdf

Dalam tutorial ini , saya menggunakan Word 2016. Sobat dapat menyesuaikan caranya jikalau teman menggunakan versi Office sebelumnya (Word 2013 , Word 2010 , Word 2007).

Atau , tekan Logo Windows + S untuk menyimpan file pribadi , sebagai PDF.

convert word to pdf

Akhirnya , dokumen Word pun telah diubah dan disimpan menjadi dokumen PDF.

pdf reader

#2 Cara Ubah Word ke PDF tanpa Software (Online)

Terasa ribet menggunakan Microsoft Word di PC/laptop atau smartphone , hanya untuk meng-convert dokumen Word ke PDF?

Sobat dapat menggunakan beberapa situs online berikut yang bisa mengubah format .DOC atau .DOCX menjadi .PDF. Situs-situs berikut tentunya bisa dibuka dan diakses melalui smartphone , dan tak harus di PC/laptop.

#2 #1 Smallpdf.com

pdf converter to word

Situs ini bisa mengonversikan file PDF ke Word dan sebaliknya. Dan tak tanggung-tanggung , situs ini bukan hanya bisa meng-convert file antara PDF dan Word , melainkan pula PDF ke PPT (PowerPoint) , PDF ke JPG (foto) , dan fitur lainnya.

Bagusnya , situs ini juga bisa meng-convert file melalui akun Dropbox dan GoogleDrive yang teman punya. Kaprikornus , teman tak perlu repot-repot membawa flashdisk untuk meng-convert file di PC/komputer lain.

Selain itu , situs ini juga menyajikan fitur password untuk PDF. Kaprikornus , bagi teman yang ingin memberi password atau menghilangkan password dokumen PDF-nya , maka gunakan situs ini saja.

#2 #2 Freepdfconvert.com

free pdf convert

Hampir sama mirip situs yang sebelumnya , situs ini juga bisa mengubah format file antara PDF , PPT , JPG , DOC , dan sebagainya. Namun , situs ini memiliki tampilan yang sederhana , dengan fitur yang lebih sedikit.

#2 #3 Wordtopdf.com

word to pdf converter

Situs ini pada dasarnya sama saja. Ia bisa mengubah file Word menjadi Excel , PowerPoint menjadi PDF , dan sebaliknya. Satu-satunya yang berbeda yaitu proses pengiriman dokumen hasil convert , yakni dikirim lewat email.

Jadi , teman perlu memasukkan email di situs ini untuk mendapatkan file hasil convert.

#3 Mengubah Word ke PDF dan Sebaliknya di Android dan iPhone

Meski menggunakan situs online untuk proses convert bisa dibilang mudah , namun bagi teman yang tak ingin menghabiskan kuota terlalu banyak untuk setiap kali proses convert , tampaknya teman perlu menggunakan aplikasinya di Android atau iPhone sobat.

Di Google Play dan iTunes , teman bisa menemukan banyak aplikasi Android yang bisa mengubah format file , khususnya format Word dan PDF. 

Tapi bagi saya , aplikasi terbaik yang bisa mengubah format file antara Word dan PDF , yaitu WPS Office.

word ke pdf

Mungkin Xodo menjadi aplikasi terbaik pembaca PDF , namun dalam hal convert , WPS Office mungkin menjadi yang paling layak digunakan.

Aplikasi WPS Office bukan hanya bisa meng-convert , melainkan pula menulis dan mengedit dokumen baru , layaknya Microsoft Office.

Bagusnya , dalam satu aplikasi WPS Office , teman dapat membuat dokumen teks , presentasi semacam PowerPoint , spreadsheet mirip di Excel , dan membuat memo mirip di OneNote.

Sebagai embel-embel , WPS Office memiliki fitur untuk proses konversi format dokumen. Salah satunya yaitu dari Word ke PDF , dan PDF ke Word.

wps office word ke pdf

Download WPS Office untuk Android

Download WPS Office untuk iOS (iPhone/iPad)

WPS Office terlalu berat?

Sobat bisa menggunakan alat converter lain di Android , mirip PDF Converter Pro.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter