Translate Here

Cara Disable Command Prompt untuk User Tertentu

Command Prompt yaitu aplikasi simpel yang berkhasiat untuk melaksanakan perintah-perintah dengan isyarat yang rumitnya minta ampun. Command Prompt sangatlah berkhasiat , dan kalau PC sahabat bukanlah PC satu-satunya , dan masih ada banyak pengguna lain , mirip di warnet , maka Command Prompt mampu saja disalahgunakan.

Sobat mungkin tak ingin ada pengguna atau user lain yang mengakses Command Prompt , dan melaksanakan suatu coding yang tak diinginkan. Untuk mencegah itu , sahabat mampu mematikan atau disable Command Prompt untuk user-user tertentu , misalnya untuk semua user non-administrator.

Cara Disable Command Prompt untuk User-User Tertentu

Sebelumnya , sahabat harus membuat file MSC yang berupa Local Group Policy Editor yang telah dimodifikasi semoga perubahan di dalamnya hanya diterapkan untuk user-user tertentu saja , mirip untuk semua user non-administrator (standar) , atau semua direktur , atau hanya untuk satu user saja.

Baca Dulu: Cara Terapkan Gpedit.msc Hanya untuk User Tertentu

Jika sudah membuat file MSC khusus untuk user tertentu tersebut , buka file MSC tersebut di Microsoft Management Console. Klik ganda untuk menampilkannya. Tampilannya akan mirip Local Group Policy Editor biasanya.

cara disable command prompt

Masuk ke User Configuration > Administrative Templates > System. Temukan dan klik ganda “Prevent access to the command prompt”.

menonaktifkan command prompt

Pilih Enabled untuk mematikan Command Prompt.

mematikan control panel dan settings untuk user tertentu

Di bawah juga terdapat opsi untuk mematikan proses skrip dari Command Prompt , misalnya file script atau batch. Sobat mampu menyalakannya , atau membiarkan ikut disabled.

Lalu pilih OK.

Kini sahabat , atau user yang sahabat targetkan , tak mampu lagi membuka Command Prompt.

Untuk mengaktifkan kembali Command Prompt , klik dari Enabled ke Not Configured.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter