Translate Here

TERNYATA ARTIKEL BLOG KOMPUTER INI BANYAK YANG COPY PASTE :(

Duh , tidak disangka dan diduga-duga. Ternyata tulisan/artikel blog komputer ini banyak juga yang mencopy , kemudian memposting kembali di blog-blog tetangga. Iseng-iseng mengetik abang-palu.blogspot.com di google. Ternyata , dari halaman satu dan seterusnya terdapat aneka macam goresan pena saya yang dicopy mentah-mentah oleh orang lain. Ini buktinya.

artikel dipaste orang

Lihat saja , ini hanya secuil screen shot di halaman dua google untuk menandakan bahwa itu goresan pena saya. Jika diperhatikan , pada deskripsi artikel-artikel tersebut ada kata sumber: bla-bla-bla yang menawarkan link ke blog saya. Benar kan juragan? jikalau dibuka satu persatu , ternyata memang benar bahwa itu murni 100% goresan pena saya.

Pelakunya bukan hanya satu orang saja , tapi banyak. Benar-benar tidak disangka. Padahal , saya berfikir kalau goresan pena yang sederhana dan jarang yang membaca ini tidak diharapkan oleh mereka. Ternyata fatwa saya salah. 

Banyak artikel saya yang nangkring di page one google yang menjadi korbannya. Kebanyakan artikel yang menduduki halaman pertama google lah yang dicopy oleh blogger copaser. Memang sih , ada pelengkap sumber diberikan di bawah artikel. Tapi , linknya dimatikan. Hedeh.. -_-

Sempat kesal juga saya tanggapan hal ini. Malah ada lagi blogger copasser yang paling membuat saya gregetan. Copy artikel saya , benar-benar tanpa menyertakan sumbernya dari mana. Malahan , tidak ada kontak tersedia di blog tersebut. Dan kotak komentar pun dimatikan. Makara , saya harus komplain di mana? Ya yang ada cuma curhat saja di sini hu hu hu.. :(

Tolong ya , , bagi para copasser sejati. Kalau copas artikel blognya orang lain itu mbok ya dengan cara yang baik. Paling tidak , itu sumber diberikan live link lah , atau diberikan link hidup yang mampu mengarah ke goresan pena aslinya secara langsung. Jika menyerupai itu kan artikel aslinya mampu dapat backlink dari blog kalian sehingga si admin tidak bersedih..

Apa lagi jikalau kalian tahu , saya membuat artikel-artikel ini tidaklah mudah. terkadang menulis hingga larut malam. Dan ketika menulis artikel ini pun , sekarang waktu menunjukkan pukul 00:46. Itu artinya apa? Susah bro , hingga begadang tiap malam hanya untuk membuat artikel.

Bahkan , satu artikel terkadang butuh waktu hingga tiga hari untuk menyelesaikannya. Dan bahkan dari ketiga artikel yang ada di screnshot di atas , semuanya saya buat manual menggunakan pensil terlebih dahulu di selembar kertas , kemudian mengetiknya di hp china saya. Itu sebelum saya punya komputer menyerupai sekarang.

Tolong ya juragan , jadilah blogger kreatif. Kalau pun mencari tumpuan di blog lain , itu boleh saja. Tapi jangan dibiasakan copy paste alias plagiat menyerupai itu. Sebab , kebiasaan menyerupai itu hanya akan membuat Anda tetap menjadi blogger copasser yang kurang kreatif dan tidak mampu membuat karya sendiri. 

OKE SOBAT?

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter