Translate Here

Memperbaiki Adapter Micro SD Yang Tidak Terbaca Di Laptop

Beberapa hari yang lalu , ketika saya ingin menggunakan adapter micro SD di laptop saya , ternyata adapter itu malah tidak mampu terbaca di laptop. Waduh , jadi resah ni , apakah mungkin gara-gara alat itu sudah lama tidak saya gunakan?

Memang benar sih , adapter milik saya ini sudah lama saya simpan; kurang lebih sekitar satu tahunan tidak saya gunakan sama sekali..

Tapi masak iya sih cuma gara-gara itu adapter memory micro ini jadi rusak? Kan setau saya di dalamnya tidak ada mesinnya atau komponen elektronik mirip alat elektronik lainnya..

Hem , ya sudah.. saya pun menganalisa lebih lanjut kiranya apa yang menjadi penyebab adapter micro SD ini tidak terbaca di laptop saya.. 

Kemudian saya perhatikan baik-baik adapter tersebut. Ada dua hal yang membuat saya berfikir mampu jadi itu yakni penyebabnya

Pertama , bentuk adapternya agak bengkok.

cara memperbaiki adapter micro sd

Yang kedua , PIN di bawah adapter yang kuning itu terlihat kotor..

pin adapter micro sd kotor

Setelah itu , apa yang Saya Lakukan?

Nah , langkah pertama , saya coba luruskan dulu bengkokan pada adapter tersebut. Dan setelah saya luruskan kemudian eksklusif saya coba ke laptop..!! Daaan , yah , ternyata belum mampu juga.. :'(

Sekarang ke langkah B , yaitu mengerok PIN pada adapter tersebut supaya jalurnya tidak 100% tertutup kotoran. Untuk mengeroknya , saya menggunakan mata pisau..Hasilnya jadi mirip ini.

adapter micro sd tidak terbaca
PIN adapter setelah dikerok
Anda mampu lihat kan ada mirip bekas-bekas ukiran pada PIN adapter di atas? Itulah bekas dari pengerokan yang saya lakukan.

Oke , ceritanya pengerokan pun selesai.. setelah itu tentunya saya coba lagi di laptop..!! 

Jreeng...!! Alhamdulillah , ternyata adapter micro SD ke SD card sudah mampu terbaca di laptop.. Waduh , senangnya.. :)

Mengapa dikerok eksklusif bisa? Karena ada kemungkinan PIN adapter tersebut kotor , sehingga sulit untuk terkonek dengan pin yang ada di laptop. Makanya ketika adapter dicolok tidak terbaca.
PIN itu menyerupai jembatan penghubung antara adapter dan laptop. Nah , kalau pinnya kotor , itu menyerupai jembatan yang putus sehingga orang-orang tidak mampu menyeberang. Mungkin mirip itulah logikanya..
O iya sobatku , untuk pengeroknya Anda mampu menggunakan banyak sekali alat , seperti: pisau , obeng kecil atau cuter juga mampu kok.. Yang penting mampu membuat pin pada adapter tersebut bersih kembali sehingga jalurnya bagus..

Jadi , kesimpulannya kalau adapter atau sambungan memori micro Anda tidak terbaca , coba dikerok dulu pinnya supaya bersih..Setelah itu silahkan dicoba..

Demikian saja goresan pena saya ihwal memperbaiki adapter Micro SD yang tidak terbaca di laptop , agar pengalaman ini mampu berkhasiat untuk Anda.. :)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter