Translate Here

Cara Menulis Email Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh wacana duduk perkara e-mail , ada satu hal yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu. Yaitu bagaimana cara menulis email yang baik dan benar bagi pemula. Sebab dengan mengetahuinya , banyak manfaat yang mampu Anda dapatkan. Dan salah satu yang terpenting ialah Anda akan terlihat profesional , dan mudah mendapatkan kepercayaan dari orang yang Anda kirimi email. Tapi , ini bukanlah tips yang pasti benar. Ini hanyalah tips dari pengalaman saya selama ini yang sering mengirim dan mendapatkan email.


cara menulis email

Mungkin dalam menulis email , banyak yang berfikiran bahwa itu sulit dilakukan dengan baik oleh pemula. Padahal anggapan tersebut tidak selamanya benar. Tidak sulit kok kalau Anda ingin berusaha. Apa lagi kan banyak tutorialnya di internet. Dan apa yang Anda baca dikala ini pun termasuk juga untuk mengajarkan kepada Anda cara menulis email yang baik dan benar bagi pemula lo sobatku. Kaprikornus , sangat rugi kalau tidak menyimaknya hingga tuntas. 

Baiklah , berikut cara menulis email yang baik dan benar bagi pemula.

1. Penerima Harus Jelas Dan Benar

Jika Anda ingin menulis email , hal pertama yang harus Anda perhatian ialah santunan nama email atau alamat email peserta dengan sejelas dan sebenar mungkin. Jangan hingga  Anda telah menulis dan mengirim email , ternyata ternyata alamat email yang dituju salah ketik. Itu hanya sia-sia belaka.

Mungkin Anda juga perlu tahu Apa akhirnya kalau alamat email peserta salah ketik? Yang terang , kalau salah ketik ya email tidak akan mampu terkirim. 

2. Pemberian Subjek atau Judul Harus Baik Dan Sesuai Tujuan

Yang kedua , tentunya Anda harus tahu juga , bahwa subjek pada email itu perlu diisi guna memperjelas maksud dan tujuan email Anda. Subjek itu akan menjadi sebuah judul yang mampu dibaca di kotak masuk orang yang mendapatkan email.

Saya beri tumpuan , saya akan membuat dan mengirim email ke akun email saya yang lain dengan subjek "LAPORAN JUMLAH KOMPUTER YANG DIPERBAIKI JUNI 2015". Lihatlah menyerupai berikut ini.

menulis subjek email
Penggunaan subjek email
Kalau email berhasil dikirim , maka di kotak masuk email tujuan akan tampil menyerupai pada gambar berikut.


Kalau begitu kan lebih Rapi , dan tentunya lebih mudah dikenali serta menarik perhatian orang yang Anda kirimi email. :)

3. Isi Yang Bagus

Yang perlu Anda perhatikan dikala menulis email selanjutnya ialah adegan isi. Memang isi ialah adegan ketiga pada artikel ini. Tapi ini ialah adegan yang sangat penting , dan sangat perlu diperbagus biar email yang Anda kirim dapat diterima dengan baik oleh orang lain.

Ada lima hal yang ada pada isi email yang perlu Anda perhatikan. Yaitu penggunaan bahasa baku atau bahasa yang mudah dimengerti , pembuka yang sempurna , isi , Variasi teks , dan lampiran jikalau diperlukan. Berikut pembagian terstruktur mengenai masing-masing.

  • Bahasa Baku Dan Bahasa Yang Mudah dimengerti
Gunakan bahasa yang baku jikalau Anda ingin menulis email resmi ke mana pun. Jika Anda ingin mengirim email kepada orang Indonesia , ya gunakan saja bahasa Indonesia yang baku , yang baik dan benar. Tentu itu belumlah cukup. Gunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti orang lain biar mereka cepat paham terhadap isi email Anda. 

Jika Anda menggunakan bahasa Inggris , ya gunakan juga bahasa baku dong. Yang penting jangan gunakan bahasa yang tidak dimengeri oleh orang lain , menyerupai menggunakan bahasa kawasan , padahal orang tersebut ialah orang inggris.. Jangan lupa , jangan gunakan bahasa 4lay.. Menjijikkan :v

Tapi kalau Anda tidak ingin menggunakan bahasa baku , cukup bahasa yang mampu dimengerti oleh orang yang akan mendapatkan email Anda..

  • Pembuka Yang Tepat
Pembuka email harus diisi dengan kata yang tepat. Sebut nama seseorang , instansi , atau perusahaan yang ingin Anda kirimi email. Contohnya: Dear bpk wahyudi , kepada bapak wahyudi , Dengan hormat , kepada PT. Bintang Runtuh , dan contoh-contoh lain menyerupai itu.

Intinya , pada adegan pembuka ini Anda harus mengisinya dengan basa-basi permisi kepada orang yang Anda kirimi email biar Anda terlihat sopan , biar mereka senang dengan tamu yang sopan menyerupai Anda...


  • Isi teks email Singkat , Padat Dan Jelas
Saat Anda mulai menulis e-mail pada adegan isinya , Lebih baik tulis saja seperlunya dengan teks singkat , padat dan jelas. Jangan terlalu berpanjang lebar dan bertele-tele sehingga membuat pembaca malah galau sendiri. Ketik saja apa tujuan Anda , mau apa , dan suplemen lainnya dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Baca juga: 
cara menulis dan mengirim email lewat gmail
Contoh: "Bapak , kami ialah biro alat-alat olahraga yang menjual alat olahraga dengan harga terjangkau. Kami ingin menunjukkan barang kepada bapak , dengan harga terjangkau dan diskon spesial kepada bapak untuk hari ini saja. Jika bapak berkenan ingin membeli , tim kami siap mengantarkannya ke rumah Anda untuk dicoba terlebih dahulu".

  • Beri Atachment atau Lampirkan File Jika Perlu
Lampirkan file jikalau Anda perlu mengirim file menyerupai file documen , software , foto dll kepada orang lain.. Gunakan fitur atachment di email Anda untuk melakukannya.
Tombol atachment di gmail Untuk mengirim file
File lampiran sangat diharapkan untuk lebih mempermudah pekerjaan Anda. Misalnya seorang dosen meminta mahasiswanya mengirim peran final lewat email. Tidak mungkin ribuan kata peran final mampu ditulis dengan mudah hanya lewat email. Kan lebih baik ditulis di Microsoft word , kemudian hasil goresan pena tersebut dikirim lewat email. Itu lebih simpel. Karena si dosen mampu mengunduhnya , dan menyimpannya di komputer.


  • Beri fariasi teks jikalau diperlukan
Anda mampu menyampaikan fariasi pada teks email Anda kalau Anda memerlukannya. Anda mampu menulis email dengan banyak sekali macam jenis teks , banyak sekali macam warna , bentuk , (tebal , miring , bergaris bawah) , Memberi nomor , memberi warna latar , mengatur bentuk teks (kecil , normal , besar dan super besar dll). Semuanya mampu Anda atur pada tombol A menyerupai gambar berikut.

cara mengirim email kepada orang lain
Penggunaan fariasi pada teks email
Silahkan berkreasi. Tapi ingat , untuk duduk perkara fariasi jangan terlalu berlebihan . Jangan hingga Anda malah membuat isi email Anda terlihat norak.

4. Penutup

Bagian penutup atau closing ialah adegan yang tak kalah pentingnya jikalau Anda ingin menulis email yang baik. Karena adegan penutup akan mampu menyampaikan nilai plus jikalau digarap dengan baik. Nah , penutup yang baik ialah penutup yang mampu membuat orang lain tambah tertarik dengan apa yang Anda telah kirim.

Contoh email penutup: 

Demikian email dari kami , jikalau bapak ada pertanyaan wacana produk yang kami jual , silahkan balas email ini. Kami akan siap menjawab pertanyaan Anda. Terimakasih , :) 

Hormat kami , Budi santoso

Nah sobatku , sekarang Anda mampu berkreasi sesuka hati untuk duduk perkara email ini. Demikian goresan pena saya wacana cara menulis email yang baik dan benar bagi pemula , saya harap apa yang saya bagikan ini ada manfaatnya untuk Anda. Aamin... Wassalamualaikum :)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter