Translate Here

Cara Mengatasi TAB Google Chrome Yang Auto Refresh/Loading Kembali Setelah Dibiarkan Lama

Belajar Komputer dasar-Sobat , kalau Anda pengguna google chrome versi yang gres , aku yakin Anda pernah mengalami persoalan TAB google chrome yang menjadi loading kembali kalau telah lama dibuka. Benar kan? Tapi jangan khawatir kalau Anda sudah membaca artikel ini. Insya Tuhan kalau persoalan Anda persis ibarat persoalan yang aku alami , maka Anda akan berhasil mengatasinya.

Namun , kalau sahabat masih belum paham dengan apa yang aku maksud , , mungkin mampu lihat tab berikut ini..
tab google chrome loading kembali
Lihat , di atas ada dua TAB yang perlu Anda perhatikan. TAB 1=Facebook , TAB 2=www.palucomputer.com

Nah , jadi yang aku maksud tab google chrome loading kembali setelah dibiarkan lama itu ibarat ini: Pertama aku membuka TAB 1. Setelah itu aku membuka lagi TAB 2. Saya berlama-lama di TAB 2 , alasannya ialah sedang membaca isu penting di sana. Nah , setelah aku ingin kembali lagi ke TAB 1 yang isinya facebook tadi , maka TAB 1 tersebut terefresh atau terloading kembali ibarat ketika membuka TAB baru.

Inilah yang aku permasalahkan pada artikel kali ini..

Sebenarnya mengapa TAB yang sudah lama dibiarkan di browser google chrome menjadi loading kembali?

Itu bukanlah kesalahan atau pun BUG pada browser google chrome ya sobat. Sebenarnya itu ialah vitur gres untuk google chrome 46 ke atas , yang disebut Automatic Tab Discarding

Itu ialah salah satu cara google chrome untuk menghemat sementara RAM komputer atau laptop yang Anda gunakan. Kaprikornus google chrome akan mematikan TAB yang dianggap tidak digunakan , atau mampu dibilang tab yang tidak butuh banyak interaksi berdasarkan algoritma tertentu , dengan tujuan supaya komputer atau laptop Anda tidak lemot ketika dipakai.

Fitur ini memang disediakan di Chrome terbaru sobatku. Dan ini jawaban banyaknya laporan dari pengguna google chrome Chrome wacana penggunaan memori/RAM yang sangat besar. 

Makanya Anda jangan smapai kaget setelah menginstal atau mengupdate google chrome terbaru kok jadi begini..

Sebenarnya , kalau dilihat dari penjelasannya maka aku anggap fitur ini sangat bagus. Karena pengalaman sih ketika menggunakan browser untuk membuka banyak TAB , maka dapat membuat laptop atau komputer menjadi lambat , lelet atau lemot.

Nah , fitur ini disediakan untuk mencegah itu..

Tapi sayangnya , ada kekurangannya.. Bagi pengguna internet dengan sistem kuota ibarat aku ini tentunya akan sangat rugi berlipat-lipat lagi. Sebab kalau TAB yang sebelumnya dibuka menjadi loading kembali , maka itu pun dapat memakan kuota kembali.. 

Makanya , aku lebih suka mematikan fitur Automatic Tab Discarding di google chrome ini. Caranya bagaimana? Yuk , ikuti tutorial di bawah ini ya.. ;)

Cara Mengatasi TAB Google Chrome Yang Auto Refresh

1. Ketik chrome://flags di Address kafe google chrome Anda , kemudian tekan enter


mengatasi tab google chrome loading kembali

2. Setelah settingan eksperimen google chrome terbuka , tekan CTRL+F di keyboard untuk memunculkan kotak SEARCH (kotak pencarian) di pojok kanan atas google chrome Anda


Baca juga: Cara mengganti google chrome ke bahasa Indonesia

3. Kemudian pada kotak search , ketik discarding dan tekan enter..Cari hingga ketemu Automatic tab Discarding , kemudian pilih Disabled untuk pengaturannya ibarat panah no 2. Terakhir , klik tombol RELAUNCH NOW untuk merestart kembali google chrome Anda.
mematikan auto refresh di google chrome

Sobat , setelah google chrome direstart kembali , Insya Tuhan persoalan TAB yang selalu loading lagi ketika dilihat kembali (setelah dibiarkan lama) mampu teratasi..

Jika setelah google chrome terbuka dan Anda mengklik tab yang lama masih refresh kembali , silahkan close google chrome Anda , dan buka lagi..

Sekarang untuk membuktikannya silahkan dicoba membuka banyak tab , dan biarkan lama dulu.. setelah itu tes untuk melihatnya lagi. Apakah masih refresh kembali setelah Anda ingin melihatnya? Mudah-mudahan tidak.. :)

Demikian goresan pena aku wacana cara mengatasi TAB google chrome yang loading kembali setelah dibiarkan lama. Saya harap artikel ini mampu memberi manfaat untuk Anda.. Wassalamualaikum sobatku.. :)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter