Translate Here

9 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet di Windows 10

hemat kuota - pantau

Windows 10 selalu haus dengan jaringan internet. Bagi pengguna paket data , Windows 10 mampu menguras habis kuota internet , tanpa mampu diduga oleh pengguna sebelumnya. Windows 10 yang harus selalu terhubung dengan internet , untuk meningkatkan produktivitas penggunanya , sekaligus membuat kaget pengguna , ketika melihat tagihan internetnya.

Windows 10 boros kuota. Sebagai pengguna OS modern ini , kita tak perlu kaget kalau OS yang kita gunakan ini memboroskan kuota. Ini bukan kekurangan , apalagi kelemahan Windows 10 , alasannya yaitu zaman yang menuntut biar selalu “up-to-date” dan terhubung ke internet. Ini juga langkah utama untuk memaksimalkan konsep IoT (Internet of Thing). Tampaknya bagi saya , solusi terbaik yaitu dengan membeli paket unlimited , dan rela dengan kecepatannya yang lambat alasannya yaitu sedikitnya FUP.

Namun , kalau ingin benar-benar menghemat kuota internet di Windows 10 , kita mampu melakukannya.

Menghemat Kuota di Windows 10

Gunakan dan Set Jaringan sebagai Metered Connection

cara hemat kuota - metered connection

Metered connection akan membatasi penggunaan jaringan internet di Windows 10 , sehingga mampu menghemat kuota tanpa repot-repot mematikan fitur yang menguras kuota , mirip Windows Update , Live Tile dan fitur lainnya , alasannya yaitu sudah otomatis dimatikan ketika kita menggunakan metered connection.

Ini hanya berlaku untuk jaringan Wi-Fi. Sobat mampu menjadikannya sebagai ‘metered connection’ , biar lebih hemat.

MORE: Metered Connection

Namun tampaknya , sahabat perlu melaksanakan hal-hal selanjutnya di bawah ini , alasannya yaitu mungkin menggunakan metered connection saja tidaklah cukup , apalagi untuk pengguna modem yang tak mampu di-set sebagai metered connection.

Mematikan Windows Update Otomatis

matikan windows update - boros kuota

Windows Update di Windows 10 jauh berbeda. Windows Update berjalan secara otomatis , men-download dan menginstal update otomatis , dan ini mampu menghabiskan banyak kuota. Sobat tak akan diberi tahu bahwa Windows 10 sedang bekerja di belakang layar untuk men-download updates terbaru.

Untungnya , dengan sedikit trik , kita mampu mematikan update otomatis ini.

MORE: Cara Mematikan Update Otomatis di Windows 10

Matikan P2P Updates


Windows 10 punya satu fitur yang luar biasa. Ini akan memudahkan bagi yang punya warnet dengan OS Windows 10 , atau punya banyak PC di rumah. Jika sahabat memiliki 4 PC dan meng-update Windows 10 untuk satu PC , maka semua PC akan saling share untuk menerima updates yang sama. Ini akan memudahkan dan menghemat waktu. Namun akan sangat boros kuota.

Untuk mematikan fitur ini , masuk ke Settings > Windows Update > Advanced Options > Choose how updates are delivered. Lalu pilih Off.

Mematikan Update Otomatis Aplikasi


Windows 10 memiliki daerah untuk men-download aplikasi , Windows Store. Secara default , Windows Store meng-update aplikasi secara otomatis. Entah apa alasannya. Namun , pengaturan ini harus diganti menjadi manual.

MORE: Cara Mematikan Update Aplikasi Otomatis di Windows 10

Memantau Penggunaan Data pada Aplikasi di Windows 10


Windows 10 memiliki banyak aplikasi , yang kebanyakan perlu menggunakan internet untuk bekerja. Memantau seberapa data yang telah dihabiskan oleh aplikasi-aplikasi di Windows 10 , tampaknya penting dilakukan. Untuk memantau penggunaan data pada aplikasi , buka Settings > Network & Settings > Data Usage.

Untuk menghemat kuota secara maksimal , maka matikan biar aplikasi tidak sinkron dan menampilkan notifikasi secara otomatis.

Mematikan Cortana


Asisten pribadi yang sangat berkhasiat ini tampaknya memang perlu dimatikan , demi menghemat kuota , alasannya yaitu Cortana akan memakan penggunaan internet untuk meng-update informasi perihal penggunanya. Jika Cortana tidak sahabat butuhkan , maka matikan saja.

MORE: Cara Mematikan Cortana di Windows 10

Matikan Sinkronisasi


Sinkronisasi mampu menyimpan info , settings , atau apa pun yang sahabat ubah , termasuk wallpaper , theme , dan settings lain. Sinkronisasi tampak penting. Namun bagi yang memang ingin benar-benar menghemat kuota , maka matikan saja.

Buka Settings > Accounts > Sync your Settings. Matikan.

Mematikan OneDrive (hanya ketika Startup)


OneDrive , daerah untuk sinkronisasi info-info penting perihal sahabat dan Windows 10 yang sahabat gunakan. Proses sinkronisasi dilakukan secara otomatis. Jika sahabat juga mem-backup file ke OneDrive , kuota yang diperlukan untuk proses upload dan unduh mampu lebih banyak.

Bagi yang masih membutuhkan OneDrive , jangan benar-benar mematikan OneDrive. Cukup hilangkan ketika startup , maka OneDrive tak akan bekerja di background. Namun ketika sahabat membuka OneDrive kembali , ia akan menguras kuota. Kaprikornus , gunakan OneDrive ketika kuota melimpah saja.

Mematikan Live Tile


Diperkenalkan semenjak Windows 8. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan apa yang baru , isu , informasi , notifikasi , atau hal lainnya yang terkait dengan aplikasi yang diinginkan. Jika sahabat menampilkan live tile dari aplikasi Facebook , LINE , atau aplikasi chat lain , sahabat akan melihat notifikasinya pribadi di Start menu , tanpa membuka aplikasinya. Jika itu yaitu aplikasi isu , ia akan menampilkan thumbnail perihal isu terbaru.

RELATED: Cara Mengubah Tampilan Windows 10

Demi menghemat kuota , mematikan live tile mampu dilakukan. Klik-kanan pada live tile yang dipilih , lalu pilih “Turn live tile off”.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter