Translate Here

Cara Ubah Tampilan Ketikan dan Font Default/Standar di Microsoft Word

cara ubah font default standar di microsoft word

Ketika teman mengetik , mengerjakan skripsi atau peran sekolah biasa , teman mungkin menggunakan font default atau font standar yang telah ditetapkan di Microsoft Word. Font tersebut tampak sangat membosankan – biasanya Calibri dan Calibri Light.

Font tersebut bukan hanya sangat membosankan , melainkan pula alasannya yaitu tuntutan pekerjaan yang menuntut hasil ketikan yang berbeda-beda , dengan font dan ukuran font dan warna goresan pena yang berbeda-beda. Ini tentunya sangat melelahkan.

Bagi teman yang tak mau repot menghadapi persoalan ini , teman dapat mengatasi kerepotan tersebut dengan cara-cara yang sangat sederhana.

Sobat akan dapat mengetik dengan font baru , ukuran font baru , warna teks , warna background , dan sebagainya yang dapat diganti sesuai harapan – tanpa perlu mengubah semua itu secara manual untuk setiap kata dan kalimat.

Tapi , bagaimana caranya?

#1 Mengubah Tampilan Heading (Judul , Subjudul)

Microsoft Word punya grup “Styles” di tab “Home”. Di sana teman dapat mengubah styles dari masing-masing headings , paragraf , quote , dan sebagainya.

Salah satunya yaitu fitur heading , yang styles-nya (font , ukuran font , warna teks , abjad tebal/miring/garis bawah , dan sebagainya) dapat kita ubah sesuai harapan kita – secara otomatis.

Heading sendiri yaitu judul dan subjudul dari topik yang dibahas , yang berjumlah sampai 6 headings di Microsoft Word. Heading 1 yaitu judul yang membungkus Heading 2 , 3 , 4 , 5 , 6 , dsb. Semakin besar angka-nya , semakin spesifik topik yang dibahas.

Ketika teman mengetik , teman dapat mengubah styles yang cocok untuk masing-masing headings.

Caranya , klik-kanan pada Heading 1 , Heading 2 , atau seterunya. Pilih Modify.

cara ubah font default standar di microsoft word

Di sini , teman dapat mengubah bagaimana Heading 1 tampil. Mulai dari font , ukuran font , cetak tebal/miring/garis bawah , warna teks , meratakan paragraf , line spacing , mengatur indent , dan style lainnya yang dapat diubah sesuai keinginan.

ubah warna teks standar

Namun , opsi-opsi tersebut masih belum cukup untuk mengubah tampilan dan styles. Microsoft Word punya opsi-opsi yang lebih luas lagi. Klik Format.

cara ubah tampilan standar microsoft office

Kemudian muncul menu-menu yang membuat teman dapat mengubah tampilan dari font , paragraf , tabs , dan border. Sobat juga dapat memilih bahasa spelling checker , frame , numbering dan bullets , shortcut keys , dan efek teks.

Ketika sudah mengubah tampilan dari semua heading , pilih New document based on this template. Ini memungkinkan teman menggunakan styles yang sama untuk dokumen atau peran atau makalah selanjutnya.

membuat template di microsoft word

Bukan hanya headings , teman juga dapat mengubah tampilan paragraf standar di Microsoft Word.

#2 Mengubah Tampilan Paragraf

Tampilan paragraf sendiri memiliki dua macam , yakni Normal dan No Spacing , yang kedua-duanya berbeda pada line spacing-nya.

Tapi itu sih secara default – kita sebagai pengguna dapat mengubah tampilan Normal dan No Spacing. Bukan hanya dari line spacing-nya , melainkan juga font , ukuran font , warna teks , cetak tebal/miring/garis bawah , dan lainnya.

Klik-kanan pada Normal atau No Spacing. Pilih Modify.

cara memodifikasi tampilan microsoft word

Ubah font , warna teks , paragraf rata ke kiri/tengah/kanan , atau cetak tebal/miring/garis bawah , atau hal-hal lainnya yang perlu diubah di sini.

cara ubah tampilan

Masih belum cukup? Pilih Format untuk opsi lebih , dan pilih mana yang ingin diubah. Sebagai pola , pilih Font.

Di sini , teman dapat mengubah tampilan font standar dari teks yang akan diketik di Microsoft Word – secara detail. Sobat dapat memilih efek yang membuat semua abjad menjadi besar/kecil semua , dengan coret (strikethrough) , atau superscript/subscript.

mengubah font standar

Jika masih belum cukup , teman dapat mengklik tab “Advanced” untuk opsi yang lebih banyak lagi – untuk mengubah tampilan font lebih detail lagi.

ubah font default standar

Sobat dapat melaksanakan cara yang sama untuk jenis teks selain paragraf dan headings , mirip caption , quote , dan sebagainya.

#3 Membuat dan Mengubah Style Sendiri

Semua yang terdapat dalam grup “Styles” dapat kita modifikasi , hilangkan , atau dibuat baru. Kita dapat membuat style baru sendiri untuk jenis teks yang tak terdapat di dalam grup “Styles” – dengan font sendiri , ukuran font sendiri , border , bullets , text effect , dsb.

Klik tombol “More” > Create a new style.

membuat font sendiri

Pilih nama , dan klik “Modify” untuk memilih jenis style , font , font size , warna teks , dan sebagainya.

membuat caption

Perhatikan “Style type”-nya. Pilih jenis tampilan/style dalam bentuk paragraf , karakter , paragraf dan karakter , tabel , dan list.

buat tampilan microsoft word sendiri

Pada “Style based on” , pilih jenis style mana yang ingin dijadikan dasar untuk style baru yang akan teman buat ini. Atau pilih Default Paragraph Font untuk membuatnya berdiri sendiri.

caption khusus

Sisanya , pilih font , ukuran font , warna teks , paragraf rata ke kiri/tengah/kanan , dsb. Untuk opsi lebihnya , pilih “Format”. Ubah semua style sesuai keinginan.

Jika final , pilih “Add to the Styles gallery” dan “New documents based on this template”. Klik OK.

Ketika style telah disimpan , teman dapat mulai mengetik dengan style yang baru saja dibuat.

mengetik di microsoft word

Di Microsoft Word , teman tak perlu lagi mengetik dengan tampilan ketikan dan font standar , lalu mengedit font , ukuran font , warna teks , line spacing , dsb. secara manual. Tinggal pilih style yang terdapat dalam grup “Styles” untuk jenis teks yang hendak diketik , lalu mulailah mengetik dengan tenang dan damai.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter