Translate Here

Cara Print Dokumen Word & PDF di Microsoft Word Foxit Reader dan Xodo

cara print pdf

Printing bukanlah hal yang asing lagi.

Dalam dunia percetakan , printing ialah hal yang paling utama. Tapi sayangnya , tak sedikit pula orang yang tak tahu apa-apa soal nge-print peran sekolah , makalah , atau skripsi mereka sendiri.

Mencetak/print di rumah dengan printer milik sendiri serta dengan PC/komputer milik sendiri tak akan memboroskan biaya , ketimbang nge-print di warnet.

Dengan bermodalkan software Microsoft Office , salah satunya Word 2016 (atau 2013 , 2010 , 2007) , kau bisa mencetak/print dokumen Word atau PDF dengan printer sendiri.

#1 Siapkan Printer & Dokumen Word/PDF yang Hendak Di-print

Satu hal yang pertama , tentunya ialah menyiapkan printer , kertas-kertasnya , serta menyiapkan dokumen Word/PDF yang hendak kau print.

Nyalakan printer , yang sudah dipastikan tinta printer-nya masih banyak. (Kalau tinta printer (hitam-putih atau berwarna) habis , beli dan inject printer.)

Masukkan kertas-kertas polos HVS dengan ukuran apa pun , yang kau inginkan.

Tak tahu harus menggunakan ukuran kertas apa? Gunakan saja ukuran kertas A4 , yang merupakan ukuran kertas paling populer.

Buka laptop , atau nyalakan komputer. Buka file dokumen Word/PDF yang hendak kau print di Microsoft Word.

File dokumen PDF kau diberi password? Hilangkan dulu password-nya.

Microsoft Word bukan hanya bisa mengelola file berformat Word , melainkan pula bisa membuka , mengedit , membuat , dan mencetak/print dokumen PDF. Makara , kau tak perlu unduh dan install software perhiasan lain yang merepotkan.

Tapi , tak semua dokumen PDF bisa dibuka dan dibaca oleh Microsoft Word. Serta , tak semua versi Microsoft Word bisa membaca dan membuka file PDF. Kalau kondisinya begini , kau perlu download aplikasi pembaca PDF terbaik mirip Xodo atau Foxit Reader.

Download Xodo

Download Foxit Reader

Jika tak mau menggunakan aplikasi pembaca PDF semacam Xodo , maka convert dokumen PDF tersebut menjadi dokumen Word.

Pastikan segala isi dokumen Word/PDF tersebut sudah lengkap , rapi , dan siap untuk dicetak/di-print.

Setelah printer menyala , dan file dokumen Word/PDF untuk di-print sudah siap , maka mulailah mencetak/print.

Microsoft Word , Xodo , Foxit Reader , browser semacam Google Chrome , Microsoft Edge , Firefox , memiliki settings printing mereka sendiri. Tapi , fungsi dan tujuannya tetaplah sama. Makara , jangan khawatir.

#2 Cara Print Word/PDF di Microsoft Word (Print Biasa)

Di Microsoft Word , beberapa settings printing pada umumnya sudah diketahui oleh banyak orang , kau mungkin salah satunya. Maka , cara print di Microsoft Word tak akan sesulit menggunakan Xodo , Foxit Reader , Chrome , dsb.

Jika dokumen Word/PDF yang hendak dicetak sudah siap , maka eksklusif buka tab File > Print. Microsoft Word memiliki tampilan yang sederhana , sehingga tak akan sulit memahami caranya.

mencetak pdf

Pada grup settings “Printer” , di sana terdapat nama printer yang kau gunakan. Jika printer terhubung ke laptop/PC , maka akan tertulis Ready pada nama printer-nya. Sebaliknya , jikalau tidak terhubung , maka akan tertulis Offline.

mencetak dokumen word

Pada tutorial ini , saya menggunakan Canon iP2700.

Untuk mengubah printer , klik tombol nama printer , dan pilih printer lain yang diinginkan.

print

Di paling atas , terdapat goresan pena Copies , yang berarti berapa jumlah salinan dari setiap kertas yang di-print. Contohnya , jikalau Copies diisi 2 , maka keseluruhan kertas akan di-print dikali 2. Bingung? Isi 1 saja.

Sudah siap? Klik Print.

Atau , kalau kau ingin mengubah ukuran kertas , halaman mana yang di-print , ukuran margin , print berwarna atau hitam-putih , maka lanjut baca lagi.

#3 Print Semua , Print Halaman Tertentu , atau Print Halaman yang Sekarang

Secara default , Print All Pages akan terpilih secara otomatis. Ini berarti semua halaman akan di-print.

Kalau kau ingin menyeleksi atau mem-print halaman-halaman tertentu sesuai keinginan , tinggal pilih Custom Print , dan isi nomor halaman mana saja yang hendak di-print.

nge-print halaman tertentu

Tak tahu nomor halamannya di mana? Kamu bisa melihat acuannya eksklusif di bawah. Lihat gambar di bawah.

halaman tertentu

Selain print semua halaman , atau print halaman tertentu , kau juga bisa eksklusif print halaman yang sekarang tampak di tab File > Print , tepatnya pada contoh nomor halaman.

Pada contoh itu , pilih halaman dengan mengklik panah kiri dan kanan di sampingnya.

Lalu eksklusif pilih Print untuk eksklusif mencetak/print PDF atau dokumen Word.

mencetak dokumen word

Kalau kau tak ingin eksklusif mencetak , dan ingin melihat settings printing lainnya , misalnya print secara bolak-balik , atau print secara hitam-putih , maka simak lagi tutorial ini.

#4 Print secara Bolak-Balik mirip Buku , Dua Halaman Satu Kertas

Ingin menghemat jumlah kertas? Kamu bisa melaksanakan printing dokumen Word/PDF secara bolak-balik untuk setiap kertasnya , mirip layaknya buku.

Masih di tab File > Print. Pada Print One Sided , ganti dan pilih menjadi Print on Both Sides.

print dalam bentuk bolak balik

Print on Both Sides ada dua , yakni Long Edges dan Short Edges. Untuk print dokumen Word/PDF secara bolak-balik mirip buku , pilih Long Edges. Untuk print secara bolak-balik namun mirip notepad , pilih Short Edges.

Jika sudah mantap , dan ingin eksklusif mencetak , klik Print.

mencetak dokumen word

Atau , masih ingin otak-atik..?

#5 Print Word/PDF secara Hitam-Putih , supaya Hemat Tinta

Printing tentunya menyajikan banyak sekali warna , dan menyajikan pula hitam-putih. Warna hitam-putih ini membuat hasil printing tampak agak aneh , namun sangat menghemat biaya.

Sayangnya , Microsoft Word tidak menyajikan opsi untuk print dalam bentuk hitam-putih , secara langsung. Tapi , setiap manufaktur printer , Canon misalnya , pasti menyajikan aplikasi settings sendiri secara lebih dalam soal printing yang dilakukan printer pabrikannya.

Nah , untuk membuka aplikasi settings printing Canon (atau manufaktur lain) , klik Printer Properties yang letaknya di bawah nama printer.

print pdf hitam putih

Pada printer merek Canon , masuk ke tab Main. Lalu pilih Grayscale Printing untuk print secara hitam-putih.

cetak dalam hitam putih tanpa warna

Kamu menggunakan merek printer lain? Tenang , cari opsi atau pilihan yang tak jauh dari kata-kata grayscale , black-white , dan sebagainya. Setiap manufaktur printer , pasti menyajikan opsi khusus untuk proses printing hitam-putih.

Ingin eksklusif print? Klik tombol besar Print.

mencetak dokumen word

Tapi masih mau lanjut otak-atik? Simak terus!

#6 Cara Mengubah Ukuran Kertas , Margin , Potrait/Lanscape

Ubah ukuran kertas sesuai ukuran kertas yang hendak di-print. Pilih A4 , A3 , Letter , Legal , atau ukuran-ukuran kertas lainnya.

memilih ukuran kertas untuk di-print

Tak tahu ukuran macam-macam kertas? Lihat di sini!

Ubah pula margin dan orientasinya. Ubah potrait/lanscape-nya.

Ubah seluruh opsi untuk hasil printing yang sesuai harapan.

Ketika semua selesai , maka klik tombol besar Print.

mencetak dokumen word

Setelah itu , proses printing pun dimulai.

printing

Dan , boom! Kamu telah berhasil mencetak/print dokumen Word/PDF sesuai keinginan – menggunakan Microsoft Word.

Tapi , bagaimana caranya mencetak/print dokumen PDF dengan Xodo , Foxit Reader , atau browser mirip Chrome/Firefox/Edge?

#7 Terakhir: Print Dokumen PDF melalui Xodo , Foxit Reader , dan Chrome

Sejumlah aplikasi PDF viewer gratis , mirip Xodo dan Foxit Reader , menyajikan fitur yang cukup lengkap dalam membaca dokumen PDF. Tapi , bagaimana jikalau kita mem-print eksklusif dari sana?

Bukan mustahil. Pasti bisa. Caranya pun tak jauh berbeda dengan mencetak melalui Microsoft Word. Termasuk di Chrome , Edge , atau Firefox.

Sebagai contoh , di Xodo , untuk mencetak , klik tombol menu > Print.

xodo pdf reader

Karena Xodo ialah aplikasi UWP (Universal Windows Platform) , maka proses printing diatur dalam kotak dialog berikut ini:

xodo

Opsi dan pilihannya pun tetaplah sama. Yang membedakan hanya kata-katanya saja.

Kamu masih bisa print secara bolak-balik , hitam-putih , atau lanscape/potrait dengan Xodo , Foxit Reader , dan browser mirip Chrome.

Foxit Reader sendiri memiliki tampilan yang lebih rumit , namun fiturnya jauh lebih lengkap. Proses printing pun tetaplah mirip proses printing di Microsoft Word.

foxit reader

Begitu pula Google Chrome. Dokumen PDF yang dibaca oleh Chrome juga bisa di-print , dengan opsi dan pilihan yang sudah cukup lengkap.

foxit reader pdf reader

Semua tinggal soal pilihan , mau menggunakan aplikasi/software yang mana. Namun intinya tetaplah satu: proses printing yang mudah , dengan hasil sesuai keinginan.

Bagi saya , Microsoft Word pun sudahlah cukup.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter