Translate Here

Cara Install Aplikasi Android dari APK dan Google Play

download aplikasi games buku dari play store android

Android sebagai OS smartphone yang paling populer menyajikan jutaan aplikasi dan games di dalamnya , yang mampu kau unduh dan install dengan mudah.

Google sebagai pengembang Android , menyajikan Google Play dalam aplikasi Play Store-nya. Bukan hanya aplikasi dan games , pengguna juga mampu men-download dan membeli ebook dari Google Play Books dan film dari Google Play Movies & TV.

Sebagai perhiasan , pengguna juga dapat men-download dan meng-install aplikasi Android dalam bentuk file APK. File APK ini dapat kau unduh dengan mudah di Google Play melalui PC/laptop.

Tapi , sebagai pengguna smartphone Android pemula , kau tentunya belum tahu apa-apa soal cara men-download dan meng-install aplikasi dari Google Play , pribadi dari Play Store maupun dari file APK.

#1 Cara Unduh & Install Aplikasi dari Play Store Android

Satu hal yang paling diharapkan dalam proses unduh dan install aplikasi Android dari Play Store yaitu koneksi internet , kuota yang cukup , kapasitas internal/SD card yang cukup , dan spesifikasi smartphone yang sesuai dengan aplikasi/games yang di-install.

Buka Play Store.

Di dalam aplikasi Play Store , kau mampu memilih untuk mencari aplikasi dan games , atau buku dan film. Tinggal pilih APPS & GAMES , atau MOVIES , BOOKS , NEWSSTAND.

google play store di android

Langsung dari Play Store , kau juga mampu memilih untuk men-download dan meng-install aplikasi , games , buku , atau film dengan menekan tombol overflow (icon tiga titik vertikal) dan pilih Install.

cara install aplikasi dari google play

Kamu juga mampu memasukkannya ke Wishlist semoga kau tak lupa untuk meng-install aplikasi tersebut di waktu yang lain.

Di Play Store , kau mampu menemukan beragam tombol-tombol kategori untuk mencari games , aplikasi , buku , atau film dengan cara yang lebih cepat dan mudah. Tinggal pilih Top Chart , Games , Categories , Editor’s Choices , dan sebagainya.

download aplikasi dari play store

Ketika kau menggunakan tombol-tombol ini , kau mampu mencari aplikasi atau games berdasarkan kategori , rating , review , berbayar , atau gratis. Misalnya kategori Productivity , yang akan menampilkan daftar aplikasi produktivitas terbaik yang ada di Play Store.

Khusus untuk kategori Editor’s Choices , kau akan melihat daftar aplikasi terbaik berdasarkan pilihan tim editor di Google Play. Biasanya , yang akan tampil yaitu aplikasi terbaik di bidangnya atau kategorinya.

beli aplikasi dari play store android

Misalnya yaitu Instagram. Kamu dapat men-download aplikasi Instagram dari Play Store dengan mudah. Pilih Install untuk pribadi men-download.

google play instagram download

Proses unduh mungkin akan sangat lambat , atau sangat cepat. Tergantung koneksi internet yang kau pakai di smartphone Android.

Cara cepat untuk men-download aplikasi dari Play Store yaitu dengan menggunakan kotak pencarian. Tinggal ketik nama aplikasi yang hendak kau unduh , misalnya BBM , dan pilih Install. Terakhir , tunggu hingga selesai.

download aplikasi bbm di android

#2 Cara Membeli & Men-download Ebook dari Play Store

Seperti yang ditulis barusan , Google juga menyajikan buku-buku yang dapat kau unduh secara gratis. Buku-buku tersebut yaitu ebook yang terdapat di Google Play Books.

Buka Google Play Books.

Lalu cari buku yang hendak kau unduh dan beli.

Untuk pribadi men-download dan membeli , tinggal pilih Buy (harga).

kategori aplikasi play store

Ragu dengan isi bukunya? Kamu mampu melihat sampel atau teladan buku yang akan kau beli. Pilih Free Sample.

contoh sampel buku yang dibeli di play store android

Di dalam free sample atau teladan buku , kau mampu membaca keseluruhan teladan isi buku dengan fitur-fitur pembaca PDF atau ebook yang sudah tertanam di Google Play Books.

Kamu mampu mengatur zoom , mode gelap/terang , font dan ukuran font , dan sebagainya.

Nah , untuk pribadi membeli , tinggal pilih Buy (harga) , dan pilih Buy lagi untuk konfirmasi. Kamu juga mampu membeli aplikasi/buku dari Play Store dengan pulsa SMS/telepon.

pembelian gagal buku aplikasi android

Kalau ternyata muncul pesan payment unsuccessful atau pembelian aplikasi/buku gagal , mungkin sisa pulsa SMS/telepon tidak cukup. Isi ulang saja pulsa 13% lebih banyak dari harga aplikasi/buku yang ingin dibeli , untuk membayar PPN dan bea jasa.

Kalau pembelian aplikasi/ebook berhasil , maka akan muncul pesan ini:

beli aplikasi lewat google play dengan pulsa

#3 Cara Install Aplikasi Android dari APK secara Manual

Kadang , semoga proses install aplikasi jadi jauh lebih mudah , kita mampu dengan mudahnya men-download file APK aplikasinya dan meng-install-nya secara manual lewat smartphone Android , tanpa Play Store.

Biasanya , cara ini dilakukan demi menghemat kuota. Karena dengan file APK yang sudah lama disimpan , kau tak perlu lagi menghabiskan kuota untuk men-download ulang. Tinggal install , beres..

Tapi , bagaimana cara mendapat file APK-nya?

Kamu mampu men-download file APK dari Google Play melalui PC. Meski kau juga mampu men-download file APK dari situs luar selain Google Play , akan lebih baik tetap dari Google Play , namun menggunakan PC/laptop.

Tapi bagi kau yang telah mem-backup aplikasi Android menjadi file APK , dan menyimpannya ke komputer , kau mampu memindahkan file APK tersebut ke smartphone Android dan mulai melaksanakan proses instalasi aplikasi.

Untuk meng-install , pastikan file APK sudah berada di smartphone Android. Buka File Explorer dan buka folder di mana file APK tersebut berada. Kemudian , buka file APK tersebut. Contohnya di sini yaitu BBM.apk.

install apk bbm android

Pilih Install. Tunggu proses instalasi aplikasi.

bbm apk android

Dan , BOOM! Aplikasi BBM telah di-install di smartphone Android kau , dari file APK yang sebelumnya merupakan hasil backup dari aplikasi BBM yang aslinya , atau dari file APK yang kau unduh dari internet.

bbm di android


Itulah cara men-download aplikasi , games , buku , atau film di Play Store Android. Pembelian aplikasi dan games serta buku dari Google Play sangatlah memudahkan , dan membuat hidup jadi lebih mudah.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter