Translate Here

7 Cara agar Windows 10 Bekerja dan Mirip seperti Windows 7

cara semoga windows 10 mirip windows 7

Windows 10 sebagai OS baru tampaknya tak selalu menjadi OS terbaik. Bagi sebagian orang , Windows 7 sebagai versi Windows lama justru menjadi OS yang terbaik , lebih baik daripada Windows 10. Entah kenapa. Namun tampaknya cara kerja baru dari Windows 10 membuat pengguna lama Windows 7 sedikit tak nyaman.

Nah , untuk membuat Windows 10 lebih nyaman digunakan , dan untuk membuat Windows 10 semoga mirip Windows 7 tak terlalu sulit.

#1 Matikan Cortana

agar windows 10 mirip windows 7

Mematikan Cortana tampaknya menjadi langkah awal untuk membuat Windows 10 terlihat mirip Windows 7. Asisten personal yang cerdik ini sebenarnya berguna. Namun , bagi pengguna yang tak mau menggunakannya , Cortana tetaplah tak berguna...

Mematikan Cortana sendiri yaitu kini lebih rumit. Sobat harus masuk ke gpedit.msc , dan melaksanakan sedikit perubahan.

Baca: Cara Mematikan Cortana

#2 Hilangkan Task View dan Search

multi desktop

Fitur ini memiliki kegunaan untuk melihat window yang terbuka , dengan jelas. Selain window , sahabat juga dapat mengatur dekstop-desktop yang terbuka. Namun sahabat tak mampu menghilangkan fitur ini. Sobat hanya dapat menghilangkan tombol taskview.

Caranya?

Klik-kanan Taskbar > Hilangkan “Show TaskView Button”.

Selain taskview , sahabat mungkin akan melihat kotak “Search Windows” yang merupakan kotak pencarian namun tanpa Cortana. Untuk membuat Windows 10 terlihat atau mirip atau bekerja mirip Windows 7 , tinggal hilangkan dengan cara yang sama.

Klik-kanan Taskbar > Search > Pilih “Hidden”.

#3 Matikan Action Center

Action Center yaitu daerah berkumpulnya notifikasi dari semua aplikasi. Fitur ini bekerja mirip fitur notifikasi pada smartphone pada umumnya. Jika sahabat masih ingin membuat Windows 10 bekerja mirip Windows 7 , matikan saja Action Center.

Baca: Cara Mematikan Action Center di Windows 10

#4 Ganti Start Menu menjadi Start Menu Windows 7

Ada lagi yang lebih ekstrem , yakni mengubah Start menu Windows 10 menjadi Start menu asli Windows 7. Sobat mampu menggunakan software berjulukan Classic Shell untuk melakukannya. Saya sendiri belum pernah melakukannya , sebab caranya bagi saya terlalu ekstrem.

Kenapa ekstrem? Karena saya pernah mengalami kesulitan untuk meng-uninstall Classic Shell , yang berakhir dengan instal ulang laptop saya. Entahlah. Jika sahabat tetap mau menggunakan software ini , ya silakan saja.

#5 Login dengan Akun Lokal , ketimbang Akun Microsoft

Login ke PC/laptop kini memerlukan akun yang sifatnya online. Akun ini nantinya mengatur perangkat mana yang sahabat gunakan dengan lebih mudah. Namun sahabat juga dapat menggunakan akun lokal saja , ketimbang menggunakan akun Microsoft.

Namun kendalanya saat menggunakan akun lokal yaitu sahabat tak mampu men-download dari Windows Store , melaksanakan sync lewat OneDrive , atau hal-hal online lainnya yang prosesnya membutuhkan akun Microsoft untuk login.

Baca: Cara Menggunakan Akun Lokal

#6 Matikan Notifikasi

Action Center sudah dimatikan , namun notifikasi masih mampu tetap muncul. Notifikasi ini muncul dari banyak sekali aplikasi mirip aplikasi chat , saat mendapat chat baru misalnya.

Dan lagi , jikalau sahabat ingin membuat Windows 10 benar-benar mirip mirip Windows 7 , matikan saja notifikasi.

Buka Settings > Notifications & actions. Tekan tombol menjadi Off pada “Get notifications from apps and other senders”.

Baca: Cara Mematikan Notifikasi

#7 Matikan Lock Screen

Lock screen muncul saat sahabat menyalakan laptop/PC , sebelum login. Fitur lock screen akan tampak tak memiliki kegunaan bagi pengguna yang ingin membuat Windows 10 mirip mirip Windows 7 , dan bekerja lebih cepat mirip Windows 7.

Baca: Cara Disable Lock Screen Windows 8/8.1/10


Mungkin itulah sedikit trik untuk membuat Windows 10 tampak bekerja dan mirip mirip Windows 7. Sebenarnya fitur-fitur yang dihilangkan tadi sangatlah berguna. Sangat berguna. Apalagi jikalau tahu cara pakainya...

Namun jikalau tetap ingin , ya buatlah Windows 10 mirip dengan Windows 7 , dengan menghilangkan beberapa fiturnya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter