Translate Here

Cara Install/Pindahkan Aplikasi Android ke SD Card

cara pindahkan aplikasi android ke sd card

Jika sahabat punya smartphone Android dengan kapasitas internal yang sangat-sangat kecil – 1 GB misalnya – sahabat pastinya akan melaksanakan pembatalan atau uninstall aplikasi-aplikasi yang tak terlalu penting untuk digunakan , dan menyisakan aplikasi yang penting-penting saja.

Tapi solusi ini akan berakhir alasannya ialah kita punya solusi yang baru , yang lebih membuat pengguna smartphone Android nyaman. Tak lain ialah dengan memindahkan aplikasi-aplikasi Android tersebut ke SD card atau kartu memori.

Secara default , smartphone Android sendiri biasanya meng-install aplikasi-aplikasi yang kita unduh dari Play Store menuju memori internal (atau memori sistem) , yang tentunya membuat kapasitas memori internal kepenuhan – dan berakhir dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan.

Lalu , bagaimana caranya memindahkan aplikasi Android dari internal ke SD card?

Cara Pindahkan Aplikasi Android ke SD Card

Dalam tutorial ini , gue menggunakan Android 5.0 Lollipop , yang proses pemindahan aplikasinya masih manual. Tak mirip Android 6.0 Marshmallow yang dapat menggabungkan SD card (eksternal) dan memori internal untuk menambah kapasitas.

Langsung saja , buka Settings yang terdapat dalam smartphone Android sobat.

Gulir Settings sedikit ke bawah. Lalu masuk ke Apps.

kartu memori

Gulir lagi untuk memilih aplikasi mana yang hendak dipindahkan dari memori internal menuju kartu memori alias SD card. Pilih salah satu aplikasi , maka gosip wacana aplikasi akan muncul.

Jika aplikasi yang sahabat pilih tak mampu dipindahkan ke SD card , maka tombol “Move to SD card” akan berwarna lebih terperinci yang berarti sahabat tak dapat menekannya.

pindahkan aplikasi ke kartu memori

Aplikasi tak dapat dipindahkan ke SD card alasannya ialah developer atau pengembang aplikasi tersebut tak mengizinkan aplikasi buatannya untuk dipindahkan ke memori eksternal alias SD card.

Jika aplikasi dapat dipindahkan ke SD card , pribadi pilih “Move to SD card” untuk memulai proses pemindahan. Lalu muncul goresan pena “Moving...” yang berarti aplikasi sedang dalam proses pemindahan menuju SD card.

masukkan aplikasi ke sd card

Ketika proses pemindahan selesai , sahabat akan melihat tombol tersebut menjelma “Move to phone” atau “Move to device storage” yang berarti sahabat dapat memindahkan aplikasi tersebut kembali ke memori internal.

Itulah cara memindahkan aplikasi Android ke SD card.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter